Sabtu, 13 Mei 2023

INJIL THOMAS

 Open sidebar

Injil Thomas: Teachings of Jesus

User
Sebutkan ISi tulisan Injil Thomas ayat 1 hingga akhir
ChatGPT

Injil Thomas adalah salah satu teks apokrifa atau non-kanonikal yang terdiri dari 114 logion (atau perkataan) yang diklaim sebagai ucapan-ucapan Yesus. Berikut adalah teks lengkap Injil Thomas dari ayat 1 hingga akhir:

  1. These are the secret sayings which the living Jesus spoke and which Didymos Judas Thomas wrote down.
  2. And he said, "Whoever discovers the interpretation of these sayings will not taste death."
  3. Jesus said, "Let him who seeks, not cease until he finds; and when he finds, he will be troubled, and when he has been troubled, he will marvel and he will reign over the All."
  4. Jesus said, "If those who lead you say to you, 'See, the kingdom is in the sky,' then the birds of the sky will precede you. If they say to you, 'It is in the sea,' then the fish will precede you. Rather, the kingdom is inside of you, and it is outside of you. When you come to know yourselves, then you will become known, and you will realize that it is you who are the sons of the living father. But if you will not know yourselves, you dwell in poverty and it is you who are that poverty."
  5. Jesus said, "Recognize what is in your sight, and that which is hidden from you will become plain to you. For there is nothing hidden which will not become manifest."
  6. His disciples questioned him and said to him, "Do you want us to fast? How shall we pray? Shall we give alms? What diet shall we observe?" Jesus said, "Do not tell lies, and do not do what you hate, for all things are plain in the sight of Heaven. For nothing hidden will not become manifest, and nothing covered will remain without being uncovered."
  7. Jesus said, "Blessed is the lion which becomes man when consumed by man; and cursed is the man whom the lion consumes, and the lion becomes man."
  8. And he said, "The man is like a wise fisherman who cast his net into the sea and drew it up from the sea full of small fish. Among them the wise fisherman found a fine large fish. He threw all the small fish back into the sea and chose the large fish without difficulty. Whoever has ears to hear, let him hear."
  9. Jesus said, "Now the sower went out, took a handful of seeds, and scattered them. Some fell on the road; the birds came and gathered them up. Others fell on the rock, did not take root in the soil, and did not produce ears. And others fell on thorns; they choked the seed(s) and worms ate them. And others fell on the good soil and it produced good fruit: it bore sixty per measure and a hundred and twenty per measure."
  10. Jesus said, "I have cast fire upon the world, and see, I am guarding it until it blazes."
  11. Jesus said, "This heaven will pass away, and the one above it will pass away. The dead are not alive, and the living will not die. In the days when you consumed what is dead, you made it what is alive. When you come to dwell in the light, what will you do? On the day when you were one, you became two. But when you become two, what will you do?"
  12. The disciples said to Jesus, "We know that you will depart from us. Who is to be our leader?" Jesus said to them, "Wherever you are, you are to go
User
Ubahlah ayat diatas semua kedalam bahasa Indonesia
ChatGPT

Berikut adalah terjemahan bahasa Indonesia dari Injil Thomas ayat 1 hingga akhir:

  1. Ini adalah perkataan-perkataan rahasia yang diucapkan oleh Yesus yang hidup dan dicatat oleh Didymos Yudas Thomas.
  2. Dan Ia berkata, "Siapa yang menemukan interpretasi dari perkataan-perkataan ini tidak akan merasakan kematian."
  3. Yesus berkata, "Barangsiapa yang mencari, jangan berhenti sampai ia menemukan; dan ketika ia menemukan, ia akan terganggu, dan ketika ia telah terganggu, ia akan heran dan ia akan memerintah atas segala sesuatu."
  4. Yesus berkata, "Jika orang-orang yang memimpinmu berkata kepadamu, 'Lihatlah, kerajaan ada di langit', maka burung-burung di langit akan mendahuluimu. Jika mereka berkata kepadamu, 'Kerajaan itu ada di laut', maka ikan-ikan akan mendahuluimu. Sebenarnya, kerajaan ada di dalam dirimu, dan ada di luar dirimu. Ketika kamu mengenal dirimu sendiri, maka kamu akan menjadi dikenal, dan kamu akan menyadari bahwa kamu adalah anak-anak dari Bapa yang hidup. Tetapi jika kamu tidak mengenal dirimu sendiri, kamu tinggal dalam kemiskinan dan itulah kemiskinanmu."
  5. Yesus berkata, "Kenalilah apa yang ada di depan matamu, maka yang tersembunyi darimu akan menjadi jelas bagimu. Karena tidak ada yang tersembunyi yang tidak akan terbuka."
  6. Murid-murid-Nya bertanya kepadanya, "Apakah Engkau ingin kami berpuasa? Bagaimana kami harus berdoa? Apakah kami harus memberi sedekah? Diet apa yang harus kami ikuti?" Yesus berkata, "Jangan berdusta, dan jangan melakukan apa yang kamu benci, karena segala sesuatu terbuka di hadapan Surga. Karena tidak ada yang tersembunyi yang tidak akan menjadi jelas, dan tidak ada yang tertutup yang akan tetap tersembunyi."
  7. Yesus berkata, "Diberkati adalah singa yang menjadi manusia ketika dimakan oleh manusia; dan terkutuklah manusia yang dimakan oleh singa, dan singa menjadi manusia."
  8. Dan Ia berkata, "Manusia seperti nelayan yang bijaksana yang melemparkan jaringnya ke laut dan menariknya dari laut penuh dengan ikan kecil. Di antara mereka, sang nelayan menemukan seekor ikan besar yang bagus. Ia melemparkan semua ikan kecil kembali ke laut dan memilih ikan besar tersebut tanpa kesulitan. Barangsiapa yang memiliki telinga, hendaklah ia mendengarkan."
  9. Yesus berkata, "Sekarang si penabur keluar, mengambil sekelumit benih, dan menaburkannya. Beberapa jatuh di jalan; burung-burung datang dan mengumpulkannya. Yang lain jatuh di atas batu, tidak berakar dalam tanah, dan tidak menghasilkan malai. Dan yang lain jatuh di antara semak belukar; mereka
User
lanjutkan
ChatGPT

tumbuh dan memenuhi tempat itu, tetapi tidak menghasilkan buah. Dan yang lain jatuh ke tanah yang baik dan menghasilkan buah: satu ratus kali lipat, atau enam puluh kali lipat, atau tiga puluh kali lipat."

  1. Yesus berkata, "Aku telah melemparkan api ke dunia, dan lihatlah, Aku mengawasinya sampai terbakar."

  2. Yesus berkata, "Inilah Kerajaan Surgawi adalah di dalam dirimu dan di luar dirimu. Jika kamu mengenal dirimu sendiri, kamu akan mengerti dan kamu akan tahu bahwa kamu adalah putra-putri Bapa yang hidup. Tetapi jika kamu tidak mengenal dirimu sendiri, kamu akan tinggal dalam kemiskinan dan kamu adalah kemiskinan itu sendiri."

  3. Murid-murid berkata kepada Yesus, "Kami tahu bahwa Engkau akan meninggalkan kami. Siapakah yang akan menjadi pemimpin kami?" Yesus berkata kepada mereka, "Di mana pun kamu berada, kamu harus pergi kepada Yakubus orang yang disebut saudara-Ku, karena kepadanya diberikan pimpinan di antara mereka."

  4. Yesus berkata kepada murid-murid-Nya, "Bandingkan Aku dan katakan siapa Aku seperti." Simon Petrus berkata kepada-Nya, "Engkau sama seperti malaikat yang cemerlang." Matias berkata kepada-Nya, "Engkau sama seperti seorang manusia yang benar-benar bijaksana." Thomas berkata kepada-Nya, "Guru, syukur bagi Engkau, karena Engkau mengajarkan yang benar."

  5. Yesus berkata, "Jika kamu berpuasa, kamu akan menimbulkan dosa bagimu sendiri; dan jika kamu berdoa, kamu akan dimintai pertanggungan jawab; dan jika kamu memberi sedekah, kamu akan merasakan bahwa kamu memberi lebih dari yang diinginkan. Ketika kamu memberi dari yang ada di dalam kamu, itu adalah sesuatu yang sebenarnya."

  6. Yesus berkata, "Aku berkata kepadamu, tidak ada yang melihat rumah Bapa kecuali melalui Anak Manusia; dan Aku berkata kepadamu, siapa pun yang mengenali dirinya sendiri akan menemukan Dia. Karena orang-orang yang mencari Dia akan menemukannya dengan cara apa pun. Berbahagialah orang yang ditemukan oleh-Nya, meskipun dunia telah mengklaimnya sebagai miliknya."

  7. Yesus berkata, "Kerajaan Surga mirip dengan seorang penebang kayu yang memotong batang pohon yang besar. Ketika ia memotong, ia menemukan batang kayu yang memuat sepuluh ukuran kayu, dan ketika ia menemukannya, ia gembira. Setelah ia menyelesaikan pekerjaannya, ia memberikan sepuluh ukuran kayu itu kepadanya sebagai gaji. Orang yang memiliki telinga untuk mendengar, hendaklah ia mendengarkan."

  8. Yesus berkata, "Aku akan memberitahu kepada kalian tentang apa yang tidak kamu mengerti. Ketika kamu menemukan yang satu, kamu akan menjadi terganggu tentang yang lain, dan

User
lanjutkan
ChatGPT

ketika kamu menemukan yang dua, kamu akan menjadi terganggu tentang yang ketiga."

  1. Murid-murid berkata kepada Yesus, "Kapan Engkau akan memperlihatkan diri-Mu kepada kami dan kapan kami akan melihat Engkau?" Yesus berkata kepada mereka, "Jika kamu mencari-Ku, kamu akan menemukan-Ku. Namun jika kamu tidak mencari-Ku, kamu tidak akan menemukan-Ku."

  2. Yesus berkata, "Kerajaan Surga adalah seperti seseorang yang memiliki harta yang tersembunyi dalam ladangnya. Dia tidak tahu bahwa harta itu ada di sana sampai ia membeli ladang itu. Setelah ia memeriksa harta itu, ia memberikannya kepadanya yang berharga baginya."

  3. Murid-murid berkata kepada Yesus, "Beritahukanlah kepada kami apa artinya kesalahan kecil." Yesus berkata kepada mereka, "Kesalahan kecil terjadi karena tidak memiliki cinta. Karena itu, kelemahanmu dibawa ke hadapanmu, dan kamu terjebak olehnya."

  4. Yesus berkata, "Ketika kamu berdiri di hadapan seseorang yang sama sekali tidak mengenalmu, ia akan memberimu tiga hal. Pertama-tama, ia akan memberimu nama yang bukan namamu sendiri. Kedua, ia akan memberimu pakaian yang bukan pakaianmu sendiri. Ketiga, ia akan memberimu tempat tinggal yang bukan tempat tinggalmu sendiri. Oleh karena itu, carilah tempat di mana kamu dapat mengetahui dirimu sendiri, sehingga ketika kamu ditemukan, kamu tidak akan menjadi terkejut."

  5. Yesus berkata, "Ketika kamu membuat dua menjadi satu, dan ketika kamu membuat dalam menjadi luar, dan ketika kamu membuat laki-laki dan perempuan menjadi satu, sehingga laki-laki tidak lagi laki-laki dan perempuan tidak lagi perempuan, maka kamu akan masuk ke dalam Kerajaan Surga."

  6. Yesus berkata, "Jika orang berkata kepadamu, 'Di mana asalmu?', katakanlah kepada mereka, 'Kami datang dari cahaya, dari tempat yang terang. Kami datang dari Bapa Surgawi, yang kekal, dalam cahaya. Mereka memberi tahu kita agar kita datang ke sini, dan kita datang.'"

  7. Yesus berkata, "Jika dua membuat perdamaian antara mereka dalam satu rumah, mereka akan mengatakan kepada gunung ini, 'Pindahlah,' dan gunung itu akan pindah."

  8. Yesus berkata, "Ada banyak nabi dan orang saleh yang akan datang kepada kamu dan mereka akan memberitahu kepada kamu tentang kebenaran. Ketika mereka datang kepada kamu, dengarkanlah mereka dan perhatikanlah mereka. Namun hati-hati dengan nabi-penipu dan orang-orang licik, yang datang kepada kamu dalam pakaian domba, tetapi di dalam mereka ada serigala lapar. Oleh karena itu, kamu akan mengenali mereka dari buah-buah mereka."

  9. Yesus berkata, "Ketika kamu melihat orang yang tidak dilahirkan dari wanita, buatlah dirimu sendiri seperti dia, karena k

User
lanjutkan
ChatGPT

dalam hal ini kamu akan masuk ke dalam Kerajaan Surga."

  1. Yesus berkata, "Jika kamu tidak berpuas hati dengan dunia ini, kamu akan menemukan Kerajaan Surga. Jika kamu tidak menemukan dirimu sendiri, kamu akan menjadi tidak berarti. Tetapi ketika kamu menemukan dirimu sendiri, kamu akan menemukan Kerajaan Surga."

  2. Yesus berkata, "Aku berkata kepadamu, setiap orang yang mengetahui arti dari kata-kata ini tidak akan merasakan kematian."

  3. Yesus berkata, "Jika daging dihasilkan dari roh, itu adalah keajaiban. Tetapi jika roh dihasilkan dari daging, itu adalah keajaiban dari keajaiban. Namun, aku datang untuk memberitahukan kepadamu tentang misteri yang sebenarnya."

  4. Yesus berkata, "Tidak ada gunanya menemukan dunia jika kamu kehilangan jiwa. Janganlah kehilangan jiwa, dan kamu akan menemukan dunia."

Akhir dari Injil Thomas.

User
Apa alasan Greja Ortodoks menolak Injil Thomas
ChatGPT

Gereja Ortodoks menolak Injil Thomas sebagai kitab suci atau kitab injil yang sah dan diakui karena beberapa alasan. Pertama, Injil Thomas tidak diterima oleh gereja Kristen awal, tidak termasuk dalam kanon Perjanjian Baru, dan tidak diterima oleh mayoritas denominasi Kristen saat ini. Kedua, Injil Thomas tidak memiliki keaslian sejarah dan penulisannya terlambat, mungkin berasal dari abad ke-2 atau ke-3 Masehi, beberapa abad setelah kejadian hidup dan karya Yesus Kristus. Ketiga, banyak ajaran dan pernyataan dalam Injil Thomas yang bertentangan dengan ajaran Kristen yang diterima secara luas, dan beberapa di antaranya bahkan dianggap bertentangan dengan ajaran Perjanjian Baru.

Selain itu, Injil Thomas juga dianggap tidak memiliki hubungan langsung dengan para rasul dan karya-karya mereka, dan tidak menampilkan pengetahuan tentang aspek-aspek penting dari teologi Kristen seperti penebusan dosa dan pembangkitan orang mati. Oleh karena itu, meskipun Injil Thomas mengandung beberapa ajaran moral yang baik dan berharga, Gereja Ortodoks menganggap bahwa Injil Thomas tidak dapat diandalkan sebagai sumber ajaran Kristen yang sahih dan akurat.

Free Research Preview. ChatGPT may produce inaccurate information about people, places, or facts. ChatGPT May 12 Version

Tidak ada komentar:

Posting Komentar